Wednesday 14 March 2018

Penjualan Mobil Wuling Melejit, Confero Terlaris

Baca Juga

TEMPO.CO - Pendatang baru dari Cina, Wuling Motors, mencatat penjualan menggembirakan selama dua bulan pertama 2018. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Wuling Cortez, yang diperkenalkan pada 3 Desember 2017, mencatat penjualan 444 unit pada Februari 2018



Angka ini meningkat dibanding penjualan sebulan sebelumnya 372 unit. Wuling Cortez tipe tertinggi, yakni 1.8L dengan transmisi intelligent-Automated Mechanical Transmission, menjadi kontributor penjualan sebanyak 276 unit.

Kontribusi terbesar produk Wuling dihasilkan Wuling Confero. Mobil yang mengisi segmen low multipurpose vehicle (MPV) ini terjual 565 unit, meningkat dibanding penjualan pada Januari sebanyak 555 unit.


Komposisi penjualan pada Februari didominasi tipe Confero S 1.5 MT atau tipe termurah sebanyak 297 unit. Pada Januari, Confero S 1.5L (tipe tertinggi) menjadi kontributor terbanyak dengan penjualan 220 unit. Total penjualan Wuling sepanjang Januari-Februari tercatat 1.936 unit.

Di sela-sela Media Test Drive Wuling Cortez di Semarang beberapa waktu lalu, Marketing and Brand Director Wuling Motors Jason Ding mengatakan pengiriman unit Wuling Cortez ke pelanggan berjalan dengan lancar. "Kami berharap Wuling Cortez diterima dengan baik oleh masyarakat di Indonesia, sama seperti Confero yang terlebih dahulu dipasarkan," katanya.

Kepala Cabang Wuling Motors Magelang Donni Hariwibowo mengatakan peminat Wuling Cortez di Magelang dan sekitarnya mulai tinggi. Per 2 Maret, kata Donni, Wuling Motors cabang Magelang sudah mengirimkan 20 unit Wuling Cortez ke konsumen. "Masih ada beberapa unit lagi yang siap dikirim," ujarnya.

Brand Manager Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan Wuling Motors saat ini fokus memperkenalkan dua produk yang telah dipasarkan ke masyarakat Indonesia.


Menurut Dian, respons pasar Jawa Tengah terhadap Confero dan Cortez cukup tinggi. Khusus untuk Wuling Cortez, Jawa Tengah, termasuk Yogyakarta, menyumbang market 15 persen secara nasional. "Jadi hingga akhir tahun ini akan ada 16 dealer Wuling Motors di Jawa Tengah. Ada penambahan 10 dealer baru," ucapnya.

Secara nasional, Dian melanjutkan, Wuling menargetkan memiliki 80 dealer tahun ini. Hingga saat ini, sudah ada 50 dealer yang beroperasi. Dealer itu berada di bawah tujuh grup main dealer. "Investasi setiap dealer angkanya berbeda-beda. Diserahkan ke dealer," tuturnya.

Wuling Cortez merupakan mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang. Model ini mengisi segmen MPV medium, berkompetisi dengan Toyota Kijang Innova. Sedangkan Wuling Confero merupakan low MPV tujuh penumpang. Model ini berkompetisi dengan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Honda BR-V, dan Nissan Grand Livina.