Sunday 25 March 2018

Ini Keuntungan Indonesia Jika Menjadi Tuan Rumah MotoGP

Baca Juga

JawaPos.com - Pemerintah masih memiliki keinginan untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu tuan rumah kompetisi MotoGP. Meski sempat gagal, pemerintah tetap berupaya agar Dorna mau mencantumkan Indonesia ke dalam kalender balap.

Keputusan ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak. Indonesia diharapkan bisa menggelar MotoGP seperti musim 1997 lalu karena ada banyak keuntungan yang akan diterima oleh pihak tuan rumah.

Dari segi pariwisata, nama Indonesia bakal semakin terdongkrak. Pecinta MotoGP dari berbagai negara bisa tergoda untuk menyaksikan langsung gelaran MotoGP di Indonesia.

"Itulah mengapa pada 2018 ini Spanyol dan Italia sampai empat kali dan dua kali jadi tuan rumah. Negara tetangga kita pun, Malaysia, Thailand, dan Australia masuk dalam kalender resmi MotoGP 2018. Artinya ada keuntungan besar jika bisa menjadi tuan rumah," ucap mantan pembalap Indonesia, Tinton Suprapto.



Selain sektor pariwisata, keuntungan juga bisa datang dari segi bisnis dan ekonomi. Sisi bisnis MotoGP dapat terlihat dari persaingan tiga pabrikan motor yang pangsa pasarnya besar di Indonesia. Pandangan ini disampaikan langsung oleh Ananda Mikola, eks pembalap Indonesia yang kini terlibat dalam pengelolaan Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Beda dengan F1 yang hanya disukai lapisan masyarakat tertentu. Kalau di MotoGP, motor para pembalap MotoGP terpasang slogan berbahasa Indonesia: Satu Hati dari tim Repsol Honda, Nyalakan Nyali dari Suzuki Ecstar, dan Semakin di Depan milik Movistar Yamaha,” kata pembalap yang pernah tampil di ajang Formula 3000, Asian Formula 3, hingga A1 Grand Prix itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Sirkuit Internasional Sentul pada 6 Maret lalu. Saat itu Presiden mendengarkan rencana dari Tinton Suprapto dan Ananda Mikola untuk mengaktifkan kembali Sirkuit Sentul yang dipersiapkan menjadi tuan rumah ajang MotoGP. Presiden Jokowi menyatakan bahwa pemerintah mendukung peluang Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP pada 2020.