Wednesday 28 February 2018

Panduan Modifikasi Retro untuk Motor Bebek

Baca Juga

Kompas.com - Modifikasi sepeda motor bergaya retro tidak hanya milik motor sport. Motor bebek juga bisa diubah bentuknya menjadi bergaya motor tempo dulu. Pemilik toko aksesori Central Classic Custom, Nolavander mengaku sudah beberapa kali menerima pesanan ubahan retro untuk motor bebek. Untuk motor bebek, Nola menyebut ada dua bentuk yang biasanya digemari oleh konsumennya.




"Untuk bebek yang sudah kita sudah sering modif model Street Cub sama model standar Honda C70," kata Nola saat ditemui Kompas.com di tokonya di Jalan Bukit Cinere Raya, Gandul, Depok, Selasa (27/2/2018).

Baik pada aliran Honda C70 maupun Street Cub, Nola mensyaratkan sebaiknya basis motor bebek yang digunakan adalah keluarga Astrea, baik Grand, Star, Prima, Impressa, ataupun Legenda. Menurut Nola, hanya rangka dari motor-motor itulah yang cocok diubah menjadi Honda C70 ataupun Street Cub. Sehingga ubahan yang dilakukan tidak perlu terlalu banyak. "Kalau Supra rangkanya sudah beda. Bisa saja sih Supra. Tapi kita ambil mesinnya saja. Untuk rangka harus diubah," ujar Nola.

Khusus untuk Street Cub, Nola menyebut proses pengerjaannya tergolong mudah dan tidak sulit. Sebab hanya perlu memotong rangka belakang untuk dudukan jok model "single seater". Untuk ubahannya, paling hanya pada bagian setang dan batok lampu serta ban dan pelek yang lebih lebar. Ada pula sebagian pengguna yang memilih mengganti knalpot asli dengan knalpot racing. "Memang tidak langsung plug and play. Tetap perlu diberi beberapa dudukan. Tapi tergolong simple dan tidak makan waktu lama. Paling satu sampai dua minggu," ucap Nola.